Perusahaan TIKI (Hanya Satu Titipan Kilat)
Bentuk Usaha Tiki
PT. Citra Van titipan kilat
(TIKI) semula dikenal dengan nama CV. PT TIKI yang bernama resmi Citra Van
Titipan Kilat didirikan pada tanggal 1 September 1970 oleh Soeprapto dan Ny
Nuraini Soeprapto yang juga bertindak sebagai pemegang saham. Sejak 1972,
aktivitas bisnis TIKI telah mencapai kota Pangkal Pinang (Sumatera), Semarang
(Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) dengan sejumlah armada dan personil.
Pada tahun 1972, perusahaan ini melakukan restrukturisasi manajemen dengan
bekerja sama dengan Alm. Irawan Saputra, Gideon Wiraseputra, dan Raphael
Rusmadi yang kemudian menjadi pemegang saham.
TIKI menjadi semakin kuat dan
telah membangun banyak cabang diseluruh provinsi. Dalam jangka waktu satu
setengah tahun, TIKI telah mampu melayani seluruh pelosok negeri. Untuk
menjamin kualitas terbaik, saat ini, TIKI telah memiliki lebih dari 800 titik
pelayanan yang mampu menjangkau berbagai pelosok dalam negeri maupun luar
negeri. Dengan dukungan ribuan personil terlatih dan armada tranportasi yang
mampu menjangkau seluruh wilayah kepulauan, TIKI telah menjadi peminpin dalam
industri jasa pengiriman di Indonesia.
Dengan semakin berkembangnya
TIKI dan semakin tumbuh kepercayaan masyarakat akan TIKI serta untuk melayani
segala kebutuhan masyarakat akan kebutuhan dalam industri jasa titipan dan
cargo, maka TIKI berkembang mendirikan beberapa anak perusahaan TIKI sebagai
bagian dari TIKI Group, yaitu:
1. TKS (Titipan Kilat Soeprapto), bergerak
dibidang cargo
2. TIKITA (TIKI Wisata), bergerak di
bidang travel dan wisata
3. TIKINDO (TIKI Logistik), bergerak
dibidang layanan logistik
Prosedur dan
Legalitas PT TIKI
A. Kategori Modal
Pendirian Perseoran Terbatas Menurut Jenis SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
1.
Modal Rp. 50 jt
s/d Rp.500 jt : SIUP Kecil
2.
Modal Rp.501 Jt
s/d 10 Miliard : SIUP Menengah
3.
Modal Rp. 10
Milliar s.d Rp. 100 Milliard : SIUP Besar
B. Dokumen yang
diurus :
1.
Pesan Nama PT
2.
Akta
Notaris/Pendirian Perusahaan
3.
SK Menteri
Menkumham
4.
Surat Keterangan
Domisili Perusahaan (SKDP)
5.
NPWP (Nomor Pokok
Wajib Pajak ) Badan Usaha
6.
Surat Izin Usaha
Perdagangan (SIUP) atau SP BKPM/SIUJK/SIUJPT (Sesuai Bidang Usaha)
7.
Tanda Daftar
Perusahaan (TDP)
C. Persyaratan &
dokumen yang dibutuhkan :
1.
Nama PT + 3 Nama
Untuk Alternatif
2.
Alamat Lengkap
Kantor, Telp, Fax, Kode Pos
3.
Keterangan
Susunan Pengurus & Komposisi Saham
4.
Keterangan Jumlah
Modal Dasar & Modal yang disetor dan ditempatkan
5.
Keterangan Bidang
Usaha
6.
Copy KTP Semua
Pengurus & Semua Pemegang Saham
7.
KK Direktur Utama
/ Pengurus (Jika Penanggung Jawab Perempuan)
8.
NPWP Pribadi
Direktur / Penanggung Jawab
10.
Surat keterangan
dari pengelola gedung (Jika status kantor menyewa digedung atau Ruko)
11.
Tempat usaha
(minimal diruko)
12.
Pas Poto
Penanggung Jawab 3X4 @. 4 Lembar (latar belakang merah )
Struktur Organisasi
Struktur
organisasi yang dibuat oleh PT.TIKI ini adalah menggunakan Struktur Organisasi
Divisional. Struktur Organisasi Fungsional (Functional Structure Organization)
merupakan Struktur Organisasi yang paling umum digunakan oleh suatu organisasi.
Pembagian kerja dalam bentuk Struktur Organisasi Fungsional ini dilakukan
berdasarkan fungsi manajemennya seperti Keuangan, Produksi, Pemasaran dan
Sumber daya Manusia. Karyawan-karyawan yang memiliki keterampilan (skill) dan
tugas yang sama akan dikelompokan bersama kedalam satu unit kerja. Struktur
Organisasi ini tepat untuk diterapkan pada Organisasi atau Perusahaan yang
hanya menghasilkan beberapa jenis produk maupun layanan. Struktur organisasi
bentuk ini dapat menekan biaya operasional namun mengalami kesulitan dalam
berkomunikasi antar unit kerja.
Deskripsi dan Spesifikasi Tugas
Berikut ini wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang
ada pada PT.TIKI, yaitu sebagai berikut :
1. Direktur/pimpinan
Merupakan
struktur organisasi perusahaan manufaktur yang tertinggi.Bagian ini merupakan
pihak yang bertanggung jawab terhadap segala bentuk operasional atau
berjalannya roda perusahaan.Tugas Direktur/pimpinan adalah sebagai berikut:
a)
Seluruh dewan atau komite eksekutif
Menawarkan visi dan imajinasi di
tingkat tertinggi, memimpin rapat umum, dalam hal: untuk memastikan pelaksanaan
tata-tertib;keadilan dan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat
menyesuaikan alokasi waktu peritem masalah, menentukan urutan agenda,
mengarahkan diskusi kearah consensus, menjelaskan dan menyimpulkan tindakan dan
kebijakan.
Bertindak sebagai perwakilan organisasi
dalam hubungannya dengan dunia luar, memainkan bagian terkemuka dalam
menentukan komposisi dari board dan sub-komite, sehingga tercapainya
keselarasan dan efektivitas. Mengambil keputusan sebagaimana didelegasikan oleh
bawahannya atau pada situasitertentu yang dianggap perlu, yang diputuskan,
dalam meeting-meeting di perusahaannya.
2. Manager
Bertanggung jawab
perusahaan, yang mempunyai wewenang atas perusahaan, serta yang mengeluarkan
kebijakan-kebijakan perusahaan.
3. Operator
SPV ( Supervisor )
Tugas dan
tanggung jawab Operator SPV :
· Melakukan perencanaan, pengawasan,
pengorganisasian, dan evaluasi terhadap pelaksanaa yang di jajarannya.
·
Paham, mengetahui dan mengerti produk.
·
Memastikan sistem operasi dan instruksi kerja
dijalankan dengan baik, benar ,disiplin.
·
Melakukan pengawasan terhadap proses kiriman
outbound/inbound.
·
Memastikan keamanan penyimpanan terhadap kiriman
bermasalah/pending.
·
Kepala operation mempunyai bawahan langsung
yaitu :
4. Korordinator
Outbound
Tugas dan
tanggung jawab kord.Outbound :
·
Melakukan penerimaan (receiving) hasil pick up
dari petugas pick up.
·
Data dan barang yang akan dikirim telah sesuai
·
Melakukan pemeriksaan dan penyegelan atas
kiriman Hvsdan packin
·
Memastikan kembali kiriman tidak bermasalah dan
layakkirim
·
Menandatangani pick up order sebagai bukti serah
terima barang daripetugas pick up kepada petugas outbound.
5. Koordinator
Inbound
Tugas dan
tanggung jawab Kord.Inbound :
·
Memeriksa dan memastikan kiriman yang diterima
dari petugas bandara.
· Melakukan pengecekan data atau barang yang akan
dikirim dengan memastikan bagian atau kemasan dalam keadaan utuh dan baik.
·
Bertanggung jawab terhadap kiriman selama dalam
perjalanan.
·
Melakukan langkah-langkah antisipasi bila
terjadi madalah dalam perjalanan.
6. Koordinator
Pick UP
Tugas dan
tanggung jawan Kord.Pick Up :
·
Menyiapkan sarana untuk proses pengambilan
kiriman pengiriman dengan baik dan benar.
·
Memastikan pengisian dan penulisan bukti
pengiriman dengan baik dan benar.
·
Memastikan jenis layanan dan pembayaran yang
diminta oleh customer.
·
Menanyakan dan memeriksa isi kiriman dihadapan
pengirim.
·
Memastikan kiriman tidak bermasalah dan layak
kirim.
7. Sales
dan Marketing
Mempunyai
keterkaitan dalam satu departemen untuk bertanggung jawab dan bekerja sama
dalam memasarkan satu produk perusahaan.
Sales dan
marketing mempunyai bawahan langsung yaitu :
a.
Sales
Tugas dan tanggung jawab Sales :
·
Bertanggung jawab dalam pengembangan konter
dilokasi strategis yang ditetapkan kantor cabang.
·
Monitoring aktifitas konter meliputi targer
penjualan, pelaksanaan, penerimaan barang, ketetapan pembayaran konter,
informasi layanan.
·
Membantu aktivitas di departemennya.
b.
Marketing
Tugas dan tanggung jawab Sales :
·
Bertanggung jawab dalam memasarkan suatu produk
perusahaan.
·
Melakukan dan menganallisa suatu produk atau
potensi pasar di suatu daerah.
·
Mencari potensi atau pengembangan jaringan
(konter / keagenan).
·
Aktif dalam melakukn promosi atau sponsorship.
·
Bertanggungjawab dalam kenyamanan ruang cash
conter danbranding di setiap konter.
·
Bertanggungjawab langsung kepada Jr Spv Sales
dan kepala cabang.
8. Customer
Service
Tugas dan
tanggung jawab customer service :
·
Bertugas menerima telepon masuk atau keluar.
·
Melakukan tracing / traking.
·
Sebagai customer consultan.
·
Menerima order pick up customer.
9. Finance
& adminstrasi spv
Tugas dan
tanggung jawab Finance & Adm Jr Spv:
·
Bertanggung jawab dalam aktivitas kerja staffnya
di departemen keuangan.
·
Accounting dan bertanggung jawab langsung kepada
kepala cabang.
·
Bertanggungjawab dan membuat seluruh laporan Adm
keuangan cabang. ke kepala cabang dan kantor pusat, sesuai dengan jadwal yang
ditentukan.
·
Membantu kepala cabang dalam mengatur anggaran
biaya sertaefisiensi.
·
Memaksimalkan efisiensi biaya.
Finance & Administrasi Jr Spv mempunyai bawahan
langsung yaitu:
a.
Accounting
Tugas dan tanggung jawab Accounting :
·
Bertanggungjawab dalam semua laporan keuangan
cabang.
·
Melaksanakan verifikasi atas keabsahan
bukti-bukti pendukung dalam proses pengesahan jurnal, penerimaan/pengeluaran
barang.
·
Bertanggungjawab dalam pencapaian target
penjualan yng ditetapkan.
·
Oleh Jr Spv sales dan kepala cabang.
·
Membuat laporan atas penerimaan dan pengeluaran
kas.
b.
Administrasi Personnel
Tugas dan tanggungjawab Adm Personnel:
·
Bertanggungjawab dalam pengontrolan pembayaran
invoice kredit sesuai dengan batas waktu pembayaran yang telah ditetapkan.
·
Melakukan pengecekan invoice sebelum ditagihkan
serta membuat laporan outstanding invoice/bulan ke accounting dan kepala
cabang.
·
Menerima setoran pembayaran invoice credit, cash
operational dari kolektor beserta data pendukungnya.
·
Melakukan penyetoran hasil penagihan ke kasir
besera data pendukungnya.
·
Berwenang untuk berkoordinasi dengan department
terkait di kantor pusat.
·
Bertanggungjawab langsung kepada accounting dan
Jr Spv finance.
10. Kurir
Kurir di Agen
TIKI sebagai pengantar barang kepada penerima
11. Admin
Admin
bertanggung jawab sebagai melayani pelanggan yang akan mengirimkan barang
melalui TIKI
12. Operator
Bertanggung
jawab sebagai merekam data barang yang keluar masuk dari dan ke TIKI lain.
13. Pengirim
Barang
Bertanggung
jawab sebagai orang yang akan mengirimkan barangnya dengan menggunakan jasa
TIKI
14. Penerima
Barang
Bertanggung
jawab sebagai penerima barang dari pengirim barang
15.
Delivery RunSheet (DRS)
Adalah aktifitas perekaman data barang
sebelum barang dikirimkan oleh kurir dari TIKI kepada penerima.
16.
Proof of delivery (POD)
POD adalah aktifitas merekam data pada
saat pelanggan akan mengirimkan barang
melalui TIKI.
17.
Transit
Adalah aktifitas merekam data barang yang
akan dikirim oleh TIKI setempat ke Sub-TIKI (jika ada) untuk mempermudah menjangkau
wilayah.
Sistem Penggajian
Setiap perusahaan mempunyai
sistem penggajian yang berbeda, pada PT. TIKI manajemen perusahaan menggunakan
Sistem Gaji Variabel. Dalam sistem ini pegawai mendapat gaji yang besarnya
relative tetap. Jika pegawai absen, maka gajinya tidak dikurangi. Dikatakan
variabel karena pegawai juga mendapat gaji tertentu ketika pegawai lembur atau
melakukan prestasi tertentu.
Spesifikasi Jasa/Barang
1.
Produk yang dimiliki TIKI adalah sebagai
berikut:
a.
SS (Sameday Service) - Kiriman Anda akan tiba
pada hari yang sama.
b.
ONS (Over Night Service) - Kiriman Anda akan
tiba pada hari berikutnya.
c.
HDS (Holiday Delivery Service) - Kiriman Anda
akan diantar pada hari libur / Tanggal Merah.
d.
TDS (Two Days Service) - Hanya dalam 2 hari
kiriman Anda akan diterima di hampir seluruh wilayah Indonesia.
e.
REG (Reguler) - Kiriman Anda akan tiba ke
seluruh wilayah Indonesia dalam waktu yang singkat.
f.
ECO (Economy) - Nikmati layanan pengiriman paket
dengan konsep ramah biaya dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
g.
INT (Internasional) - Paket & dokumen anda
siap kami antar dengan harga bersaing ke seluruh negeri.
2.
Layanan jasa yang dimiliki oleh TIKI adalah
sebagai berikut :
a.
INS (Insurances) - Apapun kiriman Anda, gunakan
layanan asuransi untuk menjamin resiko kehilangan.
b.
ROD (Reimbursement On Delivery) / Tagih Tujuan -
Layanan ROD memberikan kesempatan untuk menagih biaya pengiriman kepada
penerima, dengan sistem pembayaran dapat dilakukan secara tunai pada saat
penyerahan kiriman.
c.
HDS (Holiday Delivery Service) - Hari libur
tetapi paket Anda tidak bisa menunggu untuk dikirim? Dengan layanan HDS dari
TIKI Anda tetap dapat mengirim paket tepat waktu. Khusus untuk komitmen
pengiriman di hari libur nasional, hanya dengan tambahan biaya pengiriman
tertentu.
d.
PAC (Packing) - PAC disediakan untuk melayani
kebutuhan Anda sebagai jaminan kondisi dankeamanan barang / paket dengankemasan
yang memadai. Layanan ini berupa tambahan kemasan kayu pada sisi luar tertentu
sesuai dengan standart yang telah di tetapkan.
Segmentasi Jasa
1. Prosedur
Pendaftaran
Dari mulai
datangnya pelanggan kemudian di lihat barang yang akan di kirim lalu setelah
itu di timbang apabila barang yang dikirim banyak ataupun mempengaruhi berat.
Setelah itu dari pihak agen menulis resi kiriman untuk pengirim, kemudian resi
itu kirim ke cabang untuk di data apabila barang sudah tiba atau kendala yang
lainnya.
2. Prosedur
Pemeriksaan Barang Kiriman
TIKI berhak tapi tidak berkewajiban memeriksa
barang atau dokumen yang dikirim oleh pengirim untuk memastikan bahwa suatu
kiriman dokumen atau barang adalah layak untuk di angkut ke kota tujuan sesuai
syarat prosedur operasional. Dalam melaksanakan haknya tidak menjamin atau
menyatakan bahwa seluruh kiriman adalah layak untuk pengangkutan dan
pengantaran tanpa melanggar hukum di semua kota asal, tujuan atau yang di
laluikiriman tersebut.
3. Prosedur
Pengiriman
Disini dimana
barang yang ada di agen akan siap di kirim oleh pihak kurir TIKI cabang ke
alamat tujuan yang tertera di barang yang akan di kirim tersebut. Prosedur ini
memang barang tidak menentu tiba di alamat tujuan, kemungkinan adanya kendala
tertentu seperti bencana alam dll yang menghambat waktu pengiriman yang
telat/delay.
4. Prosedur
Terima Barang
Prosedur ini tidak
memerlukan banyak tahapnya, karena jika barang sudah tiba di lokasi maka akan
ada pengecekan dari jumlah barang yang dikirim dan mengecek kondisi barang dan
itu sudah sesuai di resi. Apabila costumer berbuat curang maka pihak agen akan
menanyakan secara detail, kemudian pihak agen akan melapor ke cabang agar di
tindak lanjuti.
Analisis Situasi Sesuai
Jasa yang Ditawarkan
Kelebihan PT.
TIKI jika dianalisis sesuai jasa seperti berikut:
a. TIKI menerapkan tarif pengiriman yang sangat
kompetitif dan bahkan tergolong lebih rendah dari perusahaan pengiriman
lainnya.
b.
Memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang
pengiriman barang.
c.
Memiliki sistem tracking yang memudahkan
pelacakan barang kiriman.
d.
TIKI memiliki lebih dari 250 cabang yang
tersebar di Indonesia, sehingga mudah ditemukan.
e.
Memberikan pelayanan pengiriman bergaransi.
f. Memiliki layanan yang variatif dan bisa
disesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan konsumen.
Kelemahan PT. TIKI jika
dianalisis sesuai jasa seperti berikut:
a. Hotline
yang tersedia sulit dihubungi.
b. Kurir
tidak berinisiatif untuk menelepon penerima barang, jika sewaktu-waktu barang
tidak terkirim karena alamat sulit ditemukan atau karena adanya alasan yang
lain.
c. TIKI hanya menjangkau pengiriman di kota-kota besar dan tidak sampai ke pelosok atau pedesaan.
c. TIKI hanya menjangkau pengiriman di kota-kota besar dan tidak sampai ke pelosok atau pedesaan.
Analisis Pesaing Jasa
yang Ditawarkan
a. Memiliki layanan costumer service yang responsif
dan cepat dalam menangani berbagai keluhan konsumen.
b. JNE memiliki banyak cabang yang bisa ditemukan
dengan mudah, bahkan pada jam-jam setelah pulang kantor sekalipun .
c. Memiliki jaminan uang kembali (garansi), jika
sewaktu-waktu kiriman barang melampui batas pengiriman yang ditentukan (khusus
paket jenis tertentu).
d. Memiliki beberapa layanan yang budgetnya bisa
disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keuangan konsumen.
e. Memiliki sistem tracking yang baik, sehingga
Anda dengan mudah bisa melacak keberadaan dan proses pengiriman barang kiriman.
f. Bisa mengirim dokumen dan berbagai surat
berharga lainnya.
Kelemahan pesaing contoh seperti
JNE. Jika dianalisis sesuai jasa yang ditawarkan seperti berikut:
a. Pengiriman
terkadang melebihi waktu yang telah diperkirakan sejak awal.
b. Nomor
resi pengiriman seringkali sulit untuk dilacak.
c. Pengiriman
tidak menjangkau pelosok dan hanya terbatas pada kota-kota besar saja.
d. Tarif
pengiriman yang diterapkan terbilang lebih mahal, jika dibandingkan dengan
perusahaan pengiriman barang lainnya.
Strategi Promosi
PT Titipan Kilat perlu menyusun
suatu strategi tepat bail( Strategi korporasi, unit bisnis dan strategi
fungsional, khususnya strategi fungsional pemasaran. Adapun strategi yang
digunakan PT. TIKI:
1. Strategi
korporasi yang dilakukan oleh PT Titipan Kilat yaitu dengan melakukan
diversifikasi usaha pada bidang yang masih memiliki hubungan bisnis intinya
memberikan dampak yang baik bagi kinerja PT Titipan Kilat secara keseluruhan.
2. Strategi
generik low cost differentiation yang diterapkan oleh PT Titipan Kilat untuk
unit bisnisnya yaitu jasa pengiriman ekspres merupakan strategi yang tepat
karena strategi ini sesuai dengan struktur industri jasa pengiriman yang
berbentuk oligopoli diferensiasi serta kondisi keuangan perusahaan yang baik,
yang mengharuskan PT Titipan Kilat beroperasi dengan tingkat biaya yang
competitif untuk menghadi pesaing-pesaingnya.
3. Strategi
segmentasi yang dilakukan oleh PT Titipan Kilat terhadap pasar yang didasarkan
pada occasion (peristiwa), baik untuk pasar domestik maupun international,
khususnya pasar domestik tidak memadai lagi untuk dapat mengatasi persaingan
dan pertumbuhan industri.
Media Promosi Berbasis
TI
A. Televisi
Media televisi
adalah media yang paling termasyhur di antara media-media lainnya. Hal ini
dikarenakan media televisi adalah media yang paling efektif dalam menyampaikan
pesan. Pesan yang disampaikan melalui media televisi akan diwujudkan dalam
bentuk audio (suara) dan visual (gambar). Perpaduan audio dan visual
tersebutlah yang menjadikan seseorang lebih tertarik untuk menonton televisi
dibandingkan dengan mengkonsumsi media-media lainnya. Penyampaian pesan melalui
gambar gerak dan audio yang mendukung juga menjadikan pesan lebih mudah
tersampaikan. Masyarakat pun akan lebih mudah mencerna pesan-pesan yang
diterima melalui media televisi. Kekurangan dari mempromosikan produk bisnis
anda melalui media televisi antara lain adalah harganya yang relatif mahal. Ya,
beriklan di televisi paling tidak menghabiskan jumlah hingga ratusan juta pada
setiap detiknya.
B. Website
dan Toko Online
Majunya media
internet membuat website semakin diminati oleh masyarakat untuk mempromosikan
produk bisnisnya. Melalui website, anda bisa mengiklankan produk bisnis lengkap
dengan spesifikasi dan kelengkapan informasinya. Pada website, anda bisa
mengiklankan atau mempromosikannya melalui website pribadi, yang memang sengaja
dirancang khusus sebagai media promosi dari produk bisnis anda, ataupun website
orang lain yang memiliki traffic yang cukup padat. Jika anda memilih website
orang lain sebagai media promosi, anda dapat mengemas promosi dalam bentuk
iklan yang muncul di halaman website orang lain tersebut.
C. Sosial Media
Maraknya media
internet yang terus mengembangkan eksistensinya, membuat berbagai macam
jejaring sosial menjadi sebuah media komunikasi yang tak kalah penting
keberadaannya. Jejaring sosial kini menjadi efektif dalam mengkomunikasikan sesuatu
baik yang sifatnya pribadi, umum, bahkan untuk kepentingan bisnis sekalipun.
Anda dapat mempromosikan barang atau jasa yang anda tawarkan melalui jejaring
sosial kepada khalayak umum lewat dunia maya, seperti melalui jejaring sosial
Facebook, Instagram, Twitter, Blog, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.
D. Video
Online
Akhir-akhir ini,
membuat produk dalam tampilan visual menjadi model baru dalam strategi
langkah-langkah promosi peluang usaha. Video dapat menamplkan produk yang
sedang anda tawarkan kepada konsumen. Dengan video, produk dapat ditampilkan
secara mendetil dari berbagai sisi. Selain itu, fitur suara dapat menambah
informasi yang detil mengenai spesifikasi dari produk tersebut. Teks atau
tulisan dapat juga memberi informasi yang perlu dibaca bagi para audiense atau
pemirsa video promosi tadi. Sebuah cara mempromosikan produk yang kreatif,
seakan-akan pembeli dapat melihat langsung produk secara nyata. Contoh, ketika
anda jual baju online, calon konsumen anda bisa melihat pakaian dalam bentuk
yang nyata.
Banyak sekali
situs upload video gratis yang dapat anda manfaatkan untuk mempromosikan produk
anda. Bahkan situs video-video tersebut tidak hanya untuk menampilkan video
produk, tapi anda juga bisa langsung erkomunikasi dengan anggota lain dari
situs tersebut.
Komponen Biaya
Data
Pengiriman Paket/Dokumen
No. Resi
|
No. Pengirim
|
Tujuan Kirim
|
Nama Paket
|
Jenis Produk/ Layanan
|
R-001
|
Tp001
|
Padang
|
Dokumen
|
Ons
|
R-002
|
Tp001
|
Padang
|
Laptop
|
Ons
|
R-003
|
Tp002
|
Bandung
|
Dokumen
|
Ons
|
R-004
|
Tp002
|
Bandung
|
Tas
|
Reguler
|
R-005
|
Tp002
|
Surabaya
|
Sepatu
|
Reguler
|
R-006
|
Tp003
|
Surabaya
|
Tas
|
Reguler
|
R-007
|
Tp004
|
Bandung
|
Kosmetik
|
Reguler
|
R-008
|
Tp005
|
Depok
|
Dokumen
|
Ons
|
R-009
|
Tp006
|
Depok
|
Pakaian
|
Reguler
|
R-010
|
Tp006
|
Medan
|
Tas
|
Reguler
|
Data Tarif
Pengiriman Paket/Dokumen
No. Pengirim
|
Daerah Pengirim
|
Daerah Penerima
|
Berat/Kg
|
Tarif
|
Tp001
|
Pondok Aren
|
Padang
|
3 Kg
|
66,000
|
Tp001
|
Pondok Aren
|
Padang
|
6 Kg
|
132,000
|
Tp002
|
Parigi Lama
|
Bandung
|
5 Kg
|
80,000
|
Tp002
|
Parigi Lama
|
Bandung
|
4 Kg
|
28,000
|
Tp002
|
Parigi Lama
|
Surabaya
|
4 Kg
|
40,000
|
Tp003
|
Pondok Kacang
|
Surabaya
|
5 Kg
|
50,000
|
Tp004
|
Jurang Mangu
|
Bandung
|
8 Kg
|
56,000
|
Tp005
|
Cipadu
|
Depok
|
5 Kg
|
70,000
|
Tp006
|
Parung Serab
|
Depok
|
10 Kg
|
170,000
|
Tp006
|
Parung Serab
|
Medan
|
3 Kg
|
51,000
|
Estimasi Biaya
Biaya YES
No.Pengirim
|
Nama Paket
|
Biaya
|
Total Biaya
|
||
Ongkos Kirim
|
Packing
|
Asuransi & Admin
|
|||
TP001
|
Dokumen
|
66.000
|
11.500
|
3000
|
80.500
|
TP001
|
Laptop
|
132.000
|
32.500
|
13.000
|
177.500
|
TP002
|
Dokumen
|
80.000
|
19.000
|
6.000
|
105.000
|
TP002
|
Tas
|
28.000
|
11.500
|
5.300
|
44.800
|
TP002
|
Sepatu
|
40.000
|
11.500
|
6.000
|
57.500
|
TP003
|
Tas
|
50.000
|
19.000
|
5.500
|
74.500
|
TP004
|
Kosmetik
|
56.000
|
32.500
|
5.550
|
94.050
|
TP005
|
Dokumen
|
70.000
|
19.000
|
6.000
|
95.000
|
TP006
|
Pakaian
|
170.000
|
32.500
|
5.600
|
208.100
|
Penyusunan Anggaran
Anggaran merupakan perhitungan
modal yang dipergunakan dalam 1 periode tertentu. Penyusunan anggaran terdiri
dari top down dan bottom up
A. Top
Down
Proses
penyusunan anggaran tanpa penentuan tujuan sebelumnya dan tidak berlandaskan
teori yang jelas. Proses penyusunan anggaran Top Down ini secara garis besar
berupa pemberian sejumlah uang dari pihak atasan kepada para karyawannya agar
menggunakan uang yang diberikan tersebut untuk menjalankan sebuah program.
Proses penyusunan
anggaran berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dan anggran
ditentukan belakangan setelah tujuan selesai disusun. Proses penyusunan
anggaran dari Bottom Up merupakan komunikasi strategis antara tujuan dengan
anggaran.
Penyusunan Cashflow Perusahaan
Penyusunan Cashflow Perusahaan
Laporan arus kas perusahaan jasa
adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi arus masuk dan arus keluar
kas dan setara dengan kas.
Kas : meliputi uang tunai atau
saldo kas dan rekening giro
Sedangkan setara kas : adalah investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka waktu pendek yang dengan mudah dapat dapat dijadikan/dicairkan menjadi kas.
Sedangkan setara kas : adalah investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka waktu pendek yang dengan mudah dapat dapat dijadikan/dicairkan menjadi kas.
Jadi, laporan arus kas harus
dapat melaporkan arus kas selama periode akuntansi tertentu dan dapat diklasifikasikan
menjadi :
a. Arus
Kas dari Aktivitas Operasi
c. Arus
Kas dari Aktivitas Pendanaan
Yang disesuaikan dengan bisnis perusahaan tersebut. Tujuan dari klasifikasi sendiri adalah untuk memberikan informasi yang memungkinkan para pengguna laporan keuangan untuk menilai pengaruh aktivitas tersebut terhadap posisi keuangan perusahaan serta terhadap jumlah kas dan setara kas.
1.
Arus Kas dari Aktivitas Operasi
Arus kas dari aktivitas operasi diperoleh
dari transaksi dan peristiwa yang mempengaruhi laba/rugi bersih perusahaan
karena berhubungan dengan pendapatan perusahaan. Arus kas dari aktivitas
operasi meliputi:
·
Penerimaan kas hasil dari penjualan barang atau
jasa
·
Penerimaan kas dari royalty, fee, komisi dan
pendapatan lain
·
Pembayaran sejumlah kas kepada pemasok barang
atau jasa
·
Pembayaran sejumlah kas kepada karyawan
·
Penerimaan dan pembayaran kas oleh perusahaan
asuransi sehubungan dengan premi klaim anuitas dan manfaat asuransi lain
·
Pembayaran sejumlah kas atau penerimaan kembali
(restitusi) pajak penghasilan
·
Penerimaan dan pembayaran sejumlah kas dari
kontrak yang diadakan dan dilaksanakan untuk tujuan transaksi usaha dan
perdagangan.
2.
Arus Kas dari Aktivitas Investasi
Arus kas dari aktivitas investasi
menunjukkan berupa informasi tentang penerimaan dan pengeluaran kas yang
berhubungan dengan sumberdaya yang bertujuan menghasilkan pendapatan dan arus
kas di masa depan. Arus kas dari aktivitas investasi meliputi:
·
Pengeluaran kas yang digunakan untuk pembelian
seperti aktiva tetap aktiva jangka panjang termasuk didalamnya adalah biaya
pengembangan aktiva yang dibangun sendiri oleh perusahaan.
·
Penerimaan kas atas penjualan aktiva tetap
(tanah, bangunan, peralatan) aktiva tak berwujud dan aktiva jangka panjang
lain.
·
Perolehan saham dari perusahaan lain atau
instrumen keuangan.
·
Sejumlah uang muka yang diterima akibat pinjaman
yang diberikan kepada pihak lain serta pelunasannya (terkecuali yang dilakukan
oleh lembaga keuangan).
3.
Arus Kas dari Aktivitas Pendanaan
Perlunya dilakukan pengungkapan yang
terpisah dari arus kas akibat dari aktivitas pendanaan adalah untuk memprediksi
klaim (aduan) terhadap arus kas masa depan oleh para penyetor (pemasok) modal
perusahaan.Yang termasuk dalam Arus kas dari aktivitas pendanaan diantaranya:
·
Penerimaan kas yang berasal dari saham atau
instrumen modal lain
·
Pengeluaran kas untuk penarikan atau menebus
saham perusahaankepada para pemegang saham.
·
Penerimaan kas dari emisi obligasi# pin'aman#
wesel# hipotik# dan pin'aman lainnya.
·
Pelunasan pinjaman.
·
Pembayaran kas untuk mengurangi saldo kewajiban
yang berkaitan dengan sewa guna usaha.
·
Pembiayaan (finance lease) oleh penyewa guna
usaha (lessee).
Berikut Contoh laporan keuangan perusahaan jasa.
Tingkat Suku Bunga
Tingkat suku bunga bebas risiko
diambil dari suku bunga rata-rata Sertifikat Bank Indonesia (SBI) selama satu
tahun. Rf yang merupakan suku bunga
obligasi pemerintah atau surat hutang pemerintah.
Kriteria Investasi
Kriteria investasi = alat ukur yang menentukan apakah suatu
proyek layak untuk dilaksanakan atau tidak layak untuk dilaksanakan
Ada 5 kriteria investasi :
-
Net Present Value (NPV)
-
Internal Rate of Return (IRR)
-
Net Benefit-Cost Ratio (Net B/C)
-
Gross Benefit-Cost Ratio (Gross B/C)
-
Prifitability Ratio
Pencatatan Keuangan Sederhana
Menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK), menyatakan bahwa
laporan keuangan dapat diidentifikasikan secara jelas informasi yang ada di
suatu perusahaan. Laporan keuangan meliputi
1.
Laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif
lain (statement of income and other comprehensive income).
Contoh:
2.
Laporan perubahan ekuitas (statement of change
equity).
Contoh:
3.
Laporan posisi keuangan (statement of financial
position) / Neraca (balance sheet).
Contoh:
4.
Laporan arus kas
5.
Catatan atas laporan keuangan
6.
Informasi komparatif.
Laporan keuangan perusahaan jasa memiliki tujuan sebagai
berikut:
·
Menyajikan informasi yang menyangkut posisi
keuangan.
·
Untuk memenuhi kebutuhan informasi bersama.
· Untuk menyatakan apa yang telah dilakukan manajemen.
· Untuk menyatakan apa yang telah dilakukan manajemen.
-http://library.gunadarma.ac.id/epaper/generate/499038/24210414
-https://www.academia.edu/31379594/Contoh_Laporan_Keuangan_Perusahaan_Jasa_Lengkap_Beserta_Penjelasannya
-https://www.academia.edu/31379594/Contoh_Laporan_Keuangan_Perusahaan_Jasa_Lengkap_Beserta_Penjelasannya
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.